Tuesday 25 June 2019

Penting GA sih BIODIESEL??

Mungkin yang ingin mengetahui apa itu biodiesel, bisa dilihat di postingan sebelumnya. Di sini, saya akan bahas seberapa penting biodiesel. Biodiesel menjadi penting untuk dikembangkan karena beberapa alasan, diantaranya sebagai berikut:

#Bersifat Ekonomis.
Biodiesel dapat diproduksi oleh individu dalam skala kecil relatif murah jika dibandingkan dengan petrodiesel. Biayanya berkisar dari $ 0,4-1,25 per galon, tergantung pada biaya bahan yang diperlukan sebagai bahan baku. Dengan harga yang rendah itu, maka sebagian besar masyarakat akan dapat menghemat ratusan hingga ribuan dolar pada pos pengeluaran bahan bakar setiap bulannya. Dengan biaya produksi yang rendah, maka produsen dapat memperhitungkan pengembalian investasi awal dengan waktu lebih singkat.

#Terbarukan 
Biodiesel dikenal dengan sifatnya yang terbarukan. Alih-alih membuat bahan bakar dari sumber daya yang terbatas seperti minyak mentah, biodiesel bahkan dapat diproduksi melalui sumber daya terbarukan seperti minyak organik dan lemak. Ini membuktikan bahwa biodiesel dapat dibuat dari bahan yang bisa tumbuh kembali, diproduksi, dan digunakan kembali. Jadi, jika diinginkan produksi skala besar, maka produsen dapat menanam yang lebih banyak.

#Baik Untuk Lingkungan
Ketika Biodiesel digunakan untuk mesin diesel, emisi yang berasal dari knalpot secara signifikan berkurang. Studi oleh US National Renewable Energy Lab menunjukkan tetes di beberapa daerah pemakaian biodiesel dapat membantu lingkungan menjadi lebih bersih. Karbon Dioksida, hidrokarbon, dan particulate matter (asap hitam dari mesin diesel) semua secara signifikan berkurang ketika biodiesel digunakan pada mesin. Jika diaplikasikan dalam mesin diesel yang lebih tua maka akan terjadi pembakaran tidak langsung dan hasilnya mencengangkan yaitu adanya pengurangan emisi knalpot hampir 90%.

#Mendukung Petani
Ketika biodiesel dibuat dari miyak organik seperti carnola, soy, kacang, atau tanaman biji lainnya yang ditanam lokal di dalam negeri, maka secara langsung akan mendukung tumbuhnya komunitas pertanian. Karena minyak yang digunakan untuk membuat biodiesel dapat diupayakan oleh petani lokal sehingga memberikan tambahan penghasilan yang cukup bagus bagi petani setempat.

#Dapat Mengurangi Ketergantungan pada Minyak Mentah
Adanya penggunaan biodiesel dapat mengurangi jumlah minyak mentah. Artinya, akan membantu untuk mengurangi ketergantungan negara pada sumber daya terbatas (bahan bakar fosil) dan meningkatkan penggunaan sumber daya terbarukan. Ini merupakan langkah yang bagus untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar yang bisa jadi ketersediaannya tidak abadi.

#Baik untuk Mesin
Biodiesel, seperti petrodiesel, memiliki kualitas pelumasan yang lebih tinggi, artinya pada dasarnya sifatnya lebih licin dari bahan bakar diesel normal. Dengan menambahkan biodiesel pada mesin maka kerusakan akibat keausan akan berkurang dan mesin lebih awet. Studi Pemerintah AS telah menunjukkan bahwa mesin yang mengalami peralihan dari petrodiesel ke biodiesel akan lebih bersih dan layak digunakan/beroperasi.

#Bahan Bakar Alternatif yang Sempurna
Bila dibandingkan dengan beberapa bahan bakar alternatif lainnya yang tersedia, kualitas biodiesel ini masih jauh lebih baik. Kebanyakan bahan bakar alternatif memerlukan modifikasi pada kendaraan yang akan digunakan. Sebagai contoh pada aplikasi gas alam dan propan untuk mesin kendaraan masih memerlukan tangki khusus dan dilakukan perubahan pada sistem injeksi bahan bakar. Demikian juga penggunaan etanol juga membutuhkan perubahan khusus pada sistem injeksi bahan bakar kendaraan. Listrik justru membutuhkan mesin yang sama sekali berbeda. Dalam kebanyakan kasus, setelah kendaraan mengalami konversi yang diperlukan untuk menjalankan bahan bakar alternatif yang lain maka beberapa masalah akan timbul sehingga konsumen memikirkan ulang efektifitasnya.

No comments: