Monday 17 June 2019

Tahukah kamu Proses Pembuatan Kecap??

Kecap adalah bumbu dapur atau penyedap makanan yang berupa cairan berwarna hitam yang rasanya manis atau asin. Bahan dasar pembuatan kecap umumnya adalah kedelai atau kedelai hitam. Namun, ada pula kecap yang dibuat dari bahan dasar air kelapa yang umumnya berasa asin. Kecap manis biasanya kental dan terbuat dari kedelai, sementara kecap asin lebih cair dan terbuat dari kedelai dengan komposisi garam yang lebih banyak, atau bahkan ikan laut. selain berbahan dasar kedelai atau kedelai hitam bahkan air kelapa, kecap juga dapat dibuat dari ampas padat dari pembuatan tahu. 

#Bahan baku
1. Kedelai (putih atau hitam)
2. Ragi tempe
3. Rempah : daun salam, daun jeruk, sereh, laos
4. Gula merah
5. Garam dapur

#Proses Pembuatan 

Cuci kedelai dan rendam dalam 3 liter air selama satu malam. Kemudian rebus sampai kulit kedelai menjadi lunak, lalu tiriskan di atas tampah dan dinginkan. Beri jamur tempe pada kedelai yang didinginkan. Aduk hingga rata dan simpan pada suhu ruang (25-30 derajat) selama 3-5 hari. Setelah kedelai ditumbuhi jamur yang berwarna putih merata, tambahkan larutan garam.

Tempatkan dalam suatu wadah dan biarkan selama 3-4 minggu pada suhu kamar. Batas maksimum proses penggaraman adalah dua bulan. Segera tuangkan air bersih, masak hingga mendidih lalu saring. Masukkan kembali hasil saringan, tambah gula dan bumbu-bumbu. Kecap asin: tiap 1 liter hasil saringan membutuhkan 2,5 ons gula merah. Setelah semua bumbu dicampurkan ke dalam hasil bumbu ini (kecuali daun salam, daun jeruk dan sereh) disangrai terlebih dahulu kemudian digiling halus dan campur hingga rata. Penambahan gula bagi kecap manis: tiap 1 liter hasil saringan membutuhkan 2 kg gula merah. Dan kecap asin: tiap 1 liter saringan membutuhkan 2,5 ons gula merah.

Perebusan dihentikan apabila sudah mendidih dan tidak berbentuk buih lagi. Setelah adonan tersebut masak, saring dengan kain saring. Hasil saringan yang diperoleh merupakan kecap yang siap untuk kemas dalam botol.

No comments: