Wednesday 12 June 2019

Sebuah Fakta : Sejarah KOPI

Kopi mungkin minuman paling popular di dunia. Sebenernya gimana sih awal mula kopi? Perkembangannya gimana?

Kita tidak tau dengan pasti awal mula ditemukan kopi. Tapi, ada kemungkinan 2 cerita yang menceritakan sejarah kopi. 
Cerita 1. Seorang anak laki-laki Ethiopia biasa dipanggil Kaldi menemukan kopi secara kebetulan. Dia memperhatikan bahwa kambingnya menjadi hidup setelah memakan beberapa buah beri merah dari sebuah pohon. Dia mencoba memakan beri itu sendiri dan merasakan hal yang sama. Ternyata beri itu adalah buah dari pohon kopi.
Cerita 2. Seorang laki-laki dari Yaman, Gemaleddin berada di pelabuhan Aden ketika kapal orang Cina datang. Dia melihat orang Cina itu minum teh dan melihatnya secara seksama bagaimana mereka membuatnya. Perlu diketahui, teh tidak tumbuh di Yaman jadi dia mencoba daun dari tanaman lain. Namun tak berhasil, lalu dia pergi ke Ethiopia dan membawa daun dan buah dari pohon kopi. Daunnya tidak berhasil seperti yang dilakukan orang Cina membuat teh tapi Gemaleddin ini memperhatikan perubahan besar di kacang kopi ketika dipanggang. Kopi itu berubah warna dan baunya menakjubkan. Dia menaruh kopi panggang itu dalam air dan jadilah kopi bisa diminum ditemukan.

#Perdangan Kopi dimulai
Kopi dengan cepat menjadi minuman yang dapat diterima di dunia Arab. Untuk waktu yang lama, kopi diperdagangkan hanya lokal saja. Pada 1555, kopi baru diperkenalkan ke kota Konstantinopel (sekarang Turki). Dalam 10 tahun, kota ini punya lebih dari 600 kedai kopi. Dari sini lah budaya "cafe" dimulai.

#Kedai kopi di Konstantinopel
Di awal abad 17, pedagang-pedagang Italia memperkenalkan kopi ke Barat. Negara-negara lain pun mengikutinya. Karena perdangan kopi ini meningkat, pedagang-pedagang pindah ke daerah terdekat negara pembuat kopi. Mocha, di pantai Yaman menjadi pusat perdagangan kopi dunia selama 150 tahun.

#Kopi di Eropa
Tahun 1645, Italia menjadi negara Eropa pertama yang membuka kedai kopi. Disusul dengan negara-negara lain. Di Inggris sendiri kedai kopi pertama dibuka di Oxford pada tahun 1651. Setahun kemudian, orang Amerika bernama Pasqua Rosee membuka kedai kopi pertama di London. tahun 1739, London punya 551 kedai kopi. Untuk Inggris sendiri, kedai kopi tak hanya tempat untuk minum kopi dengan teman. Peneliti, penulis, artis, dan politisi semuanya kumpul di sana utuk mendiskusikan bahasan yang penting.

#Budaya kopi sekarang
Banyak negara sekarang masih mempunyai budaya cafe, tapi ada juga sekarang budaya kedai kopi modern. Ini dimulai di Amerika Utara dan tepatnya di kota Seattle di USA. Kedai kopi modern ini secara umum dipunyai oleh perusahaan Internasional seperti Starbucks. Ini tempat yang enak, nyaman, dan banyak varian kopi yang disajikan.

Nah, sekian penjelasan singkat sejarah kopi, semoga bermanfaat!!!

No comments: