Saturday 15 June 2019

Tanaman Beribu Manfaat, Clitoria ternatea alias Telang

Semakin banyak jumlah pasien saat ini di dunia yang menggunakan tanaman obat atau herbal dengan tujuan pengobatan. Jadi, penelitian ilmia lebih lanjut tentang potensi pengobatan, sifat biologi, dan keamanannya akan berguna dalam membuat keputusan dalam penggunannya. Ada ratusan obat-obatan dan secara biologi berkembang dari tanaman obat tradisional. Tanaman menunjukkan berbagai macam kegiatan farmakologi, termasuk antimikroba, antioksidan, antikanker, hipolipidemik, imunologi, anti-inflamasi, dan banyak efek farmakologi lainnya. Secara umum, Clitoria ternatea mengandung tannin, phlobatannin, karbohidrat, saponin, triterpenoid, fenol, flavanoid, flavonol glikosida, protein, alkaloid, antharaquinone, anthocyanin, minyak atsiri, dan steroid. Tumbuhan ini menunjukkan banyak efek f armakologi, termasuk antioksidan, hypolipidemik, antikanker, anti-inflamasi, antipiretik, antidiabetes, antimikroba, insektisida, dan efek farmakologi lainnya.

#Profil tanaman 
Sinonim
Clitoria albiflora Mattei, Clitoria bracteata Poir, Clitoria mearnsii De Wild, Clitoria tanganicensis Micheli, Clitoria zanzibarensis Vatke.

Distribusi
Tanaman ini berasal dari Asia tropis, dan kemudian menyebar luas ke Afrika, bahkan Australia, Amerika Utara maupun Selatan.

Deskripsi
Tumbuh merambat ke atas dari batang kayu. Daunnya 2-4 pasang selebaran. Daunnya oval bulat telur sampai elips lonjong. Bunga berwarna biru cerah. Ada juga yang tanaman ini yang berwarna merah muda atau putih, tidak biru.

Penggunaan tradisional
Akarnya digunakan untuk pengobatan, pembesaran organ perut, sakit tenggorokan dan penyakit kulit. Akar yang diberikan dengan madu dan ghee (bahasa Hindi: lemak) sebagai tonik umum untuk anak-anak untuk meningkatkan kekuatan otot dan tonik kulit. Akar juga digunakan dalam epilepsi. Biji dan daun secara umum digunakan sebagai tonik otak dan untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan. Bunga digunakan sebagai penangkal gigitan ular. Biji digunakan dalam sendi yang bengkak.

Bagian tanaman yang dapat digunakan
Daun, biji, kulit, bunga, kecambah, dan batang dapat digunakan pengobatan.

No comments: